Breaking News
Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo

Friday, May 29, 2015

PENGERTIAN CCTV



CCTV banyak digunakan di seluruh dunia sebagai alat keamanan dan pengawasan. 
Artikel ini akan melihat apa pengertian CCTV, sejarah singkat teknologi ini dan beberapa Jenis CCTV .
Arti CCTV
CCTV adalah Closed Circuit Televisionyang dalam Bahasa Indonesia berarti televisi sirkuit tertutup. Jadi, pengertian CCTV adalah sebuah kamera pengintai yang dapat merekam gambar dan suara, kedalam sebuah monitor yang rekamannya bisa tersimpan dengan bantuan perangkat lain yang disebut dengan DVR yang di dalamnya terdapat sebuah Hardisk yang kemudian dikelola sehingga menjadi file rekaman untuk memutar ulang apa yang telah terekam oleh CCTV tersebut.
DVR ( Digital Video Recorder ) sebuah perangkat yang mengatur dan merekam cara bekerja CCTV tersebut yang terdiri dari beberapa channel yang  terpasang, di antaranya 4,8,16 dan 32.

Sejarah Tentang CCTV
Salah satu kegunaan CCTV besar pertama di tahun 1940-an oleh Militer AS. Untuk menguji misil V2 kamera sirkuit tertutup digunakan untuk memonitor tes keselamatan. Teknologi ini menguntungkan karena pengertian CCTV memungkinkan petugas untuk mantau, melihat sekitar apabila ada kemungkinan bahaya. Tanpa masalah
Di Inggris pada 1960-an CCTV dipasang di beberapa tempat umum untuk mengamati kerumunan selama pawai dan rapat umum. Sebagai teknologi yang berkembang dan menjadi CCTV berteknologi tinggi lebih banyak digunakan di tempat umum untuk memonitor aktivitas.

JENIS-JENIS CCTV

Dome Camera

Dome Camera cocok untuk mengawasi ruangan tertutup seperti Kantor, Rumah, toko, ataupun gedung pertemuan ataupunruangan indoor lainnya.
Dan pada umumnya dapat ditempatkan dimana anda suka, sesuai dengan obyek yang diinginkan. Jarak pandang efektif adalah 3 ~ 12 Mtr Sudut Pandang 65 ~ 90°.
camera jenis akan terlihat rapi jika pemasangan dilakukan oleh tenaga professional

DOME IR CAMERA

Dome IR Camera secara fungsional lebih kopleks dari dome biasa karena sudah dilengkapi oleh system Infra Red sehingga dapat melihat dalam kondisi gelap total sekalipun sesuai dengan kemampuan infranya

 Standart Camera

Standart Camera paling sering digunakan untuk Bank atau ruangan eksklusif laninnya karena bentuknya yang stailis dan elegant. CCTV jenis ini bisa disesuaikan sudut pandangnya sehingga dapat menghasilkan gambar yang sesuai kebutuhan.
Lensa pada camera dapat diganti-ganti sesuai selera ataupun kebutuhan lokasi yang diamati.

IR OUTDOOR CAMERA

IR OUTDOOR CAMERA dapat digunakan untuk memantau wilayah yang rentan terkena air hujan karena kamera jenis ini tahan terhadap air dan lebih kuat terhadap goresan.
Selain itu CCTV jenis ini juga bisa melihat dalam kegelapan dan sudah dilengkapi dengan infra merah.
Jarak yang terpantau saat gelap + 10meter

IR OUTDOOR Long Distance

CCTV IR Out Door Long Distance dapat digunakan untuk area kegelapan yang sangat jauh.
CCTV jenis ini sangat memungkinkan untuk digunakan pada lorong ataupun area yang luas seperti Bandara, dll.

ZOOM CAMERA

Sesuai dengan namanya camera jenis ini mempunyai keunggulan bisa melihat object benda yang sangat jauh bahkan dalam radius ratusan meter.
kamera jenis ini biasa digunakan untuk  memantau area yang sangat luas dan  jauh.
kekuatan zoom 22x-27x optical zoom

SPEED DOME CAMERA

Speed Dome camera adalah CCTV yang paling canggih karena semua fitur ada di camera jenis ini.
bisa Zoom, bisa bergerak kanan, kiri, atas, bawah, dan tahan hujan atau cuaca
bisa dicontrol dari internet / jarak jauh

IR SPEED DOME CAMERA

CCTV Tercanggih, terlengkap, dan paling banyak diminati untuk proyek jalan tol, Pembangkit Listrik, dan Tower.
Bisa Zoom, Bisa digerakkan kanan, kiri, atas, bawah,  serta tahan hujan dan cuaca dan yang terpenting bisa melihat dalam keadaan gelap juga.
bisa dicontrol dari jarak jauh / Internet
Bullet Camera CCTV

Bullet CCTV
CCTV jenis ini cocok digunakan untuk:
  • Pemakaian yang tidak terlalu mencolok namun juga tidak terlalu tersembunyi
  • Jika Anda hendak menggunakan CCTV yang tidak terjangkau tangan
  • Jika penggunaannya tidak terlalu mempermasalahkan pencahayaan yang minim
  • Untuk pemantauan CCTV jarak pendek dan menengah
Covert CCTV

Covert CCTV Camera
Sesuai dengan namanya, "covert" yang berarti "tersembunyi", kamera ini merupakan kamera CCTV yang dimaksudkan untuk penggunaan yang tersembunyi agar orang-orang tidak menyadari adanya CCTV tersebut. 
Bentuknya pun beraneka ragam, mulai dari seperti jam dinding, pemancar air, hingga smoke detector.
Di beberapa tempat, seperti di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, penggunaan CCTV seperti ini bisa saja melanggar hukum dan tidak diperbolehkan. Jadi sebaiknya Anda memperhatikan dari segi hukum apakah hal ini diperkenankan.

Wireless CCTV Camera
  
Wireless CCTV
Penggunaan kamera CCTV yang wireless digunakan ketika koneksi menggunakan kabel ke video recorder tidak praktis.
Penggunaan Utama
Berdasarkan pengertian CCTV di atas, CCTV banyak digunakan untuk memantau area publik seperti stasiun kereta api, jalan, alun-alun pusat kota, toko-toko dan bus. Namun, tidak berhenti di tempat umum karena banyak orang yang sekarang berinvestasi dalam CCTV untuk melindungi rumah mereka. Dengan 9,5 juta kejahatan di Inggris dan Wales tahun lalu jelas untuk melihat mengapa CCTV sangat penting.
CCTV adalah pencegah kejahatan besar sebagai pelaku tahu ini lebih besar kemungkinan mereka akan diidentifikasi. Daerah yang kurang atau tidak ada CCTV mungkin akan lebih berisiko kejahatan karena hal ini. Jika kehadiran CCTV tidak menghalangi pelaku maka diharapkan akan menangkap informasi yang cukup untuk membantu dengan penyelidikan polisi.
Sesuai dengan arti CCTV, untuk bisnis CCTV dapat bertindak sebagai pencegah dari pencuri eksternal namun juga dapat membantu mengidentifikasi penjahat dalam sebuah organisasi. Untuk manajer dan pemilik usaha CCTV dapat memberikan informasi bermanfaat tentang cara efektif karyawan Anda bekerja. Hal ini dapat membantu melindungi staf Anda tidak salah dituduh misalnya jika nasabah klaim mereka telah kehilangan-dijual produk, dan juga dapat melindungi perusahaan dari tuduhan palsu misalnya penukaran cedera.

No comments:

Post a Comment

Designed By