Breaking News
Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo

Wednesday, April 26, 2017

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan CCD & CMOS


Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan CCD



CCD-CMOSPengertian dan kekurangan, kelebihan CCD,CMOS – CCD atau Charge-Couples Device adalah sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan kondensator yang berhubungan, atau berpasangan. Di bawah kendali sirkuit luar, setiap kondensator dapat menyalurkan muatan listriknya ke tetanggannya. CCD digunakan dalam fotografi digital dan astronomi (terutama dalam fotometri), optikal dan spektroskopi UV dan teknik kecepatan tinggi seperti penggambaran untung.
Sensor CCD telah digunakan selama lebih dari 30 tahun dan memiliki kelebihan yakni memiliki sensitivitas lebih tinggi terhadap cahaya dibandingkan dengan sensor CMOS baik dari segi cahaya maupun noise yang lebih minim. NAmun dalam beberapa tahun perbedaan kualitas CCD dan CMOS semakin menipis.
Sedangkan kekurangan sensor CCD adalah menggunakan komponen analog yang memputuhkan sirkuit elektronik diluar sensor sehingga memiliki harga produksi yang tinggi. Sensor CCD mengkonsumsi sampai dengan 100x lebih boros dibandingkan sensor CMOS dan berdampak pula terhadap masalah pemanasan didalam kamera yang bisa mengakibatkan hal negatif terhadap kualitas gambar, termasuk juga daya tahan kamera itu sendiri.

Kelebihan CCD

Sensor CCD(Charge Couple Device) ataupun CMOS(Complementary Metal Oxide Semiconductor) pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yakni mengkonversi cahaya menjadi elektron untuk kemudian dijadikan gambar digital. Sensor CCD didesain dengan spesialisasi untuk meminimalkan distorsi sehingga memiliki kualitas tinggi terkait dengan sensitivitas cahaya yang mampu menghasilkan gembar berkualitas.
Sedangkan sensor CMOS lebih rentan terhadap noise sehingga memiliki tingkat sensitivitas cahaya yang lebih rendah(dahulu kala). Baik sensor CCD maupun CMOS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sensor CMOS didesain dengan konsumsi power yang lebih rendah dibanding CCD. Sensor CMOS semakin hari semaking populer dan banyak digunakan sampai dengan hari ini.
Sensor CMOS mampu merekam video 1080p dan dapat melakukan berbagai macam efek imaging dengan mudah. Sedangkan sensor CCD memang didesain untuk menghasilkan gambar yang lebih baik dengan tampilan visual yang rendah noise dan rendah distorsi, namun akan mengkonsumsi power lebih dan kecepatan mengolah data yang lebih lambat.

Kekurangan sensor CCD

Fakta bahwa sensor CMOS memiliki performa yang baik untuk tugas-tugas berat seperti mengkonversi analog-digital serta memiliki fitur noise reduction memberikan kelebihan dibanding sensor CCD dalam hal kecepatan. Dengan sensor CCD proses konversi dari analog-digital dilakukan diluar sensor, sehingga kecepatannya berkurang. Jika kamera anda memiliki kecepatan dalam mode continous/pengambilan beberapa gambar secara langsung maka bisa dipastikan bahwa sensor pada kamera anda adalah sensor CMOS.

Pengertian CMOS

 – Complementary metal–oxide–semiconductor (CMOS) atau semikonduktor–oksida–logam komplementer, adalah sebuah jenis utama dari rangkaian terintegrasi. Teknologi CMOS digunakan di mikroprosesor, pengontrol mikro, RAM statis, dan sirkuit logika digital lainnya. Teknologi CMOS juga digunakan dalam banyak sirkuit analog, seperti sensor gambar, pengubah data, dan trimancar terintegrasi untuk berbagai jenis komunikasi.
CMOS terdiri dari jutaan sensor pixel yang termasuk di dalamnya sebuah photodetector. Saat cahaya masuk ke dalam kamera, setiap photodetector akan membuat arus listrik berdasarkan intensitas cahaya yang mengenainya. Kamera digital akan mengubah data dari CMOS menjadi pixel yang akhirnya menjadi sebuah foto. CMOS menjadi pengganti CCD karena lebih cepat dan lebih irit penggunaan baterai.
Dua karakter penting dari CMOS adalah kekebalan desahnya yang tinggi dan penggunaan daya statis yang rendah. Daya hanya diambil saat transistor dalam CMOS berpindah di antara kondisi hidup dan mati. Akibatnya, peranti CMOS tidak menimbulkan bahang sebanyak sirkuit logika lainnya, seperti logika transistor-transistor (TTL) atau logika NMOS, yang hanya menggunakan peranti tipe-n tanpa tipe-p. CMOS juga memungkinkan chip logika dengan kepadatan tinggi dibuat.

Teknologi CMOS

Dahulu kala sensor CMOS memang memiliki kualitas buruk karena menggunakan menggunakan chip berkualitas rendah sehingga memiliki sensitivitas yang kurang terhadap cahaya. Namun seiring berkembangnya teknologi dan vendor meliriknya sebagai sensor yang menjanjikan, keberadaan CMOS berkembang pesat dan menjadi pemimpin pasar. Beberapa keuntungan menggunakan sensor CMOS adalah berharga lebih murah, noise yang lebih minim, dan memiliki bentuk yang lebih kecil.
Harga kamera digital semakin hari semakin menurun dan terjangkau. Salah satu penyebab turunnya harga adalah penggunaan sensor CMOS. Jika dibandingkan dengan sensor CCD yag terdahulu sensor CMOS memiliki harga yang lebih terjangkau.
Sensor CCD(Charge Couple Device) ataupun CMOS(Complementary Metal Oxide Semiconductor) pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yakni mengkonversi cahaya menjadi elektron untuk kemudian dijadikan gambar digital. Sensor CCD didesain dengan spesialisasi untuk meminimalkan distorsi sehingga memiliki kualitas tinggi terkait dengan sensitivitas cahaya yang mampu menghasilkan gembar berkualitas. Sedangkan sensor CMOS lebih rentan terhadap noise sehingga memiliki tingkat sensitivitas cahaya yang lebih rendah(dahulu kala). Baik sensor CCD maupun CMOS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Sensor CMOS didesain dengan konsumsi power yang lebih rendah dibanding CCD. Sensor CMOS semakin hari semaking populer dan banyak digunakan sampai dengan hari ini. Sensor CMOS mampu merekam video 1080p dan dapat melakukan berbagai macam efek imaging dengan mudah. Sedangkan sensor CCD memang didesain untuk menghasilkan gambar yang lebih baik dengan tampilan visual yang rendah noise dan rendah distorsi, namun akan mengkonsumsi power lebih dan kecepatan mengolah data yang lebih lambat. Ketika anda berada dijalanan maka akan banyak ditemui orang-orang yang menggunakan kamera saku atau kamera handphone dibanding mereka yang menggunakan kamera DSLR. Perkembangan zaman menjadikan semuanya lebih mudah, powerful dan juga serba guna.

No comments:

Post a Comment

Designed By